Media Informasi Pemuda Peduli Dhuafa Gresik (PPDG) || Website: www.pemudapedulidhuafa.org || Facebook: Pemuda Peduli Dhuafa Gresik || Twitter: @PPD_Gresik || Instagram: Pemuda Peduli Dhuafa Gresik || Email: ppd.gresik@gmail.com || Contact Person: 0838-3199-1684 || Nomor Rekening: 0335202554 BNI a.n. Ihtami Putri Haritani || Konfirmasi Donasi di nomor telepon: 0857-3068-6830 || #SemangatBerkarya #PPDGresik

Minggu, 11 Mei 2014

Jilbab Oh Jilbab, Kewajiban atau Hak?

Hmm, jadi ceritanya aku tuh tadi abis reuni sama temen-temen. Biasa deh, ngobrol ngalor ngidul mulai dari bahas Jokowi, film Korea, sampe resep pempek dan gosip-gosip terhangat di media sosial. Aku sih banyakan diemnya, duduk manis aja sambil dengerin dan haha hihi ngemil kue bawang. Eh ndilalah temenku satu ada yang nyeletuk, “Perempuan jaman sekarang tuh ya. Maunya aja dihargain, tapi ngehargain badan sendiri ngga bisa. Masa’ aurat diumbar ke mana-mana? Paha ayam aja sekarang Rp 5.000 di abang fried chicken, masa’ paha dia gratis?”
And I was like.. what?! Paha ayam? Aku ngga habis pikir deh, siapa sih yang memulai analogi senista itu. Udah beberapa kali kayaknya aku denger perempuan diumpamakan dengan macem-macem makanan. Ya permen lah, gorengan lah, kue cucur lah, lemper lah, pokoknya apa pun yang harus dibungkus rapi.
“Karena yang terbungkus itu pasti lebih bersih, dear.” lanjut temenku itu. “Ngga kena debu dan kotoran dunia. Beda sama yang digelar ke mana-mana, udah dilalerin dan kecipratan macem-macem. Emang situ masih mau makan makanan yang begitu?”
Dan ujung-ujungnya dia promosi buku ajakan berhijab karya seorang ustadz muda yang lagi happening di media sosial. Aduuh, bukannya gimana-gimana ya.. Tapi paha ayam? Hello?! Emang paha situ mau dimakan siapa? Kalau kotor ya tinggal mandi pake sabun yang bersih. Yang paling bikin aku ngga ngerti lagi adalah, kenapa analogi macem itu ngga berlaku buat cowok. Tuh cowo-cowo yang suka pamer paha sama dada kalo lagi main futsal di lapangan, ngga ada tuh yang bilang paha sama dadanya murah atau gratisan. (Emang sih aku gratis juga ngeliatnya, hehe.. tapi ngga ada kan yang mengartikan mereka negatif atau rendah karena buka baju. Dan paha ayam kan kalau diliatin doang juga sebenernya gratis.)
Apa itu karena perempuan dianggap sebagai objek sedangkan lelaki subjek?
Dan temenku itu ternyata serius loh dengan promosi hijabnya. Gencar banget, kayak orang baru kenal MLM. Aku sih menghormati ya pendapat dia kalau memang percayanya begitu. Tapi kemudian dia mulai nyebut-nyebut ceramah si ustadz muda kalau negara seharusnya juga mewajibkan perempuan berjilbab. Wah udah ngga bener nih, pikirku. Kalau dia percaya jilbab itu wajib dan menerapkannya untuk diri sendiri, itu urusan dia deh ya. Tapi apa harus juga mewajibkan perempuan lain, bahkan yang tidak mau, untuk berjilbab? Apa jangan-jangan itu juga agenda politik Islam di Indonesia?
Ada masanya perempuan berjilbab pernah sulit sekali hidup di Indonesia. Dulu di berbagai instansi pemerintah maupun swasta, jilbab dilarang. Sekarang juga masih ada yang ngelarang. Prihatin ya dengernya. Aku percaya sepenuhnya pakaian itu hak dan otoritas si pemilik tubuh. Kalau dia mau pakai jilbab, maka tidak ada yang boleh melarang. Yang melarang harus dilawan. Tapi begitu juga dong sebaliknya. Terus terang aku jadi was-was denger pendapat temenku itu, karena bayanganku kemudian melambung pada kondisi perempuan di negara-negara Islam seperti Saudi dan Iran yang ngga punya kebebasan berpakaian.
Dan yang paling gawat, temenku menutup pendapatnya dengan pernyataan begini, “Sudah jelas kan tuntunannya. Kalau berhijab aja ngga mau, jangan salahin kalau banyak laki-laki yang menganggu.”
Akhirnya dengan gemes kutimpali, “Ealah nduk, kualat kowe sama mbahmu! Jaman dulu yo perempuannya cuma pake kebaya sama kemben, mandi di kali pakai kain dililit doang, tapi ngga terus laki-lakinya jadi kurang ajar kok. Tergantung mental dan pendidikannya.”
______________________________________________________
NB: di Facebook baru-baru ini ada sebuah gerakan perempuan Iran yang melawan hukum wajib berjilbab dan berusaha merebut kembali kebebasan berpakaian di negaranya dengan cara memposting foto-foto mereka sambil melepas jilbab di luar rumah. Rame deh, baru luncur 3 Mei lalu dan sampai kuposting tulisan ini, jumlah fans-nya sudah mendekati angka 100.000. Diambil hikmahnya. Negara kita udah lumayan bagus karena tidak ekstrim melarang jilbab (seperti Turki) atau mewajibkan jilbab (seperti Iran dan Saudi). Jangan ada deh ya pikiran seperti temenku itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar