Media Informasi Pemuda Peduli Dhuafa Gresik (PPDG) || Website: www.pemudapedulidhuafa.org || Facebook: Pemuda Peduli Dhuafa Gresik || Twitter: @PPD_Gresik || Instagram: Pemuda Peduli Dhuafa Gresik || Email: ppd.gresik@gmail.com || Contact Person: 0838-3199-1684 || Nomor Rekening: 0335202554 BNI a.n. Ihtami Putri Haritani || Konfirmasi Donasi di nomor telepon: 0857-3068-6830 || #SemangatBerkarya #PPDGresik

Sabtu, 05 Juli 2014

Mencari Keberkahan Dengan Cinta Al-qu’ran

Ramadhan tiba,Ramadhan tiba, Marhaban ya Ramadhan.Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu – ditunggu oleh semua umat muslim sedunia,bulan dengan banyak keistimewaan,bulan dimana kita bisa berlomba-lomba dalam mencari pahala dan mencari berkah serta ridho dari Allah swt.Bulan Ramadhan adalah bulan yang dimuliakan,Bagaimana tidak Bulan ramadhan merupakan bulan dimana pada saat itu diturunkannya pedoman hidup setiap umat muslim yaitu Al-Qur’an.Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an,Allah Berfirman,
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)
Di Bulan Ramadhan ini,kita perlu menambah amunisi agar kita mendapatkan syafaat yang berlebih dengan sering membiasakan diri membaca alquran,menghafal alquran maupun mengkhatamkan alquran.Bulan penuh berkah dengan keistimewaanya yang harus kita penuhi aturannya supaya kita dapat menjadi pribadi yang baik dan In Shaa Allah menjadi hamba allah yang shalih/shalihah. Mengapa betapa pentingnya kita harus mencintai alquran? Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadist yaitu Dari Sahabat Abu umamah Al-bahili radiallahuanhu : Saya mendengar Rasulullah shallallahu’alaihi wassalam bersabda yang artinya:
“Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim 804)
Al-Qur’an , kitab suci para umat islam yang harus di ilhami maksudnya,di pahami betul-betul tidak hanya sebagai pajangan belaka.Terkadang kita sering lupa apa yang pernah beliau(Rasulullah) yang mengamanahkan kepada kita seluruh umat muslim bahwa jadikanlah alqu’an dan al-hadist sebagai pedoman hidupmu.Namun,apa yang terjadi? Banyak diantara kita yang melalaikan amanah itu.Maka dari itu perlulah kita menanamkan niat dalam hati agar mebiasakan diri dalam membaca alqur’an,supaya kita tidak tersesat dalam menjalani kehidupan ini. karena hanya alqur’anlah penunjuk jalan atau buku panduan kehidupan kita yang sebenarnya.
Tidak ada bacaan yang lebih hebat di sisi Allah, Malaikat, dan Rasul-Nya selain Alquran. Karena itu, marilah memperbanyak membaca Alquran, meresapi setiap maknanya, kemudian dihafalkan dan selanjutnya diamalkan. Dengan begitu, kita akan menjadi manusia yang paling beruntung.
Dan daripada itu,Banyak keutamaan dari membaca alqur’an diantaranya adalah sebagai berikut:
Membaca Al Quran adalah perdagangan yang tidak pernah merugi
{الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).
Membaca Al Quran bagaimanapun akan mendatangkan kebaikan
عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ ».
Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).
Salah satu ibadah paling agung adalah membaca Al Quran
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضى الله عنهما : ضَمِنَ اللَّهُ لِمَنَ اتَّبَعَ الْقُرْآنَ أَنْ لاَ يَضِلَّ فِي الدُّنْيَا ، وَلاَ يَشْقَى فِي الآخِرَةِ ، ثُمَّ تَلاَ {فَمَنَ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلاَ يَضِلُّ وَلاَ يَشْقَى}.
Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata: “Allah telah menjamin bagi siapa yang mengikuti Al Quran, tidak akan sesat di dunia dan tidak akan merugi di akhirat”, kemudian beliau membaca ayat:
{فَمَنَ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلاَ يَضِلُّ وَلاَ يَشْقَى}
Lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka”. (QS. Thaha: 123) (Atsar shahih diriwayatkan di dalam kitab Mushannaf Ibnu Abi Syaibah).
Mari kita tingkatkan iman kita dengan perbanyak membaca alquran di bulan ramadhan ini.:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar