Media Informasi Pemuda Peduli Dhuafa Gresik (PPDG) || Website: www.pemudapedulidhuafa.org || Facebook: Pemuda Peduli Dhuafa Gresik || Twitter: @PPD_Gresik || Instagram: Pemuda Peduli Dhuafa Gresik || Email: ppd.gresik@gmail.com || Contact Person: 0838-3199-1684 || Nomor Rekening: 0335202554 BNI a.n. Ihtami Putri Haritani || Konfirmasi Donasi di nomor telepon: 0857-3068-6830 || #SemangatBerkarya #PPDGresik

Minggu, 20 Juli 2014

Fenomena Mudik

Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan menjelang hari raya Idul Fitri atau yang sering disebut lebaran. Hampir seluruh masyarakat Indonesia khususnya warga Ibu Kota rutin melakukan mudik lebaran. Warga Jakarta yang memiliki kampung halaman, pasti akan melakukan mudik untuk merayakan lebaran bersama orang tua dan sanak saudaranya. Sementara warga Jakarta yang tidak memiliki kampung halaman, tetap tinggal dan merayakan lebaran di Jakarta. Akibatnya, Kota Jakarta akan tampak sepi ketika arus mudik dimulai yaitu sekitar seminggu sebelum lebaran. Mudik lebaran adalah suatu fenomena yang unik untuk dilihat lebih dalam.
Mudik berasal dari kata bahasa Jawa yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. mudik memang tidak berlangsung lama, kebanyakan orang hanya tinggal di kampungnya selama satu hingga dua minggu. Dengan mudik, orang-orang dapat mengunjungi orang tua, sanak saudara mereka, dan bertemu dengan teman-teman lama. Mudik juga dapat dijadikan sebagai rekreasi bersama keluarga seperti mendatangi tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi.
Akan tetapi, untuk mudik itu sendiri membutuhkan perjuangan. Ribuan atau bahkan jutaan orang, berbondong-bondong berebut untuk membeli tiket kereta api, kapal laut, pesawat, ataupun bus. Mereka rela mengantri lama demi mendapatkan tiket. Belum lagi dalam perjalanan, mereka harus berdesak-desakan saat berada di dalamnya karena saking banyaknya penumpang.
Selain menggunakan kendaraan umum, banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Ada beberapa alasan orang menggunakan kendaraan pribadi. Ada yang beralasan karena lebih nyaman dan ada yang beralasan karena sudah kehabisan tiket transportasi umum. Walau begitu, tetap saja mereka membutuhkan perjuangan. Jalanan-jalanan, khususnya jalur mudik pasti akan dipenuhi dengan kendaraan-kendaraan yang lain. Kemacetan pun tidak dapat dihindari. Akibatnya tenaga mereka akan terkuras selama perjalanan.
Meski membutuhkan perjuangan, mudik bernilai positif. Mudik bertujuan untuk mendekatkan diri bersama keluarga. Kebanyakan orang kurang memiliki waktu untuk bersama dengan keluarganya atau bahkan untuk sekedar bertemu saja. Waktu dihabiskan seluruhnya untuk pekerjaan dan tugas-tugas. Inilah momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, mudik juga bertujuan untuk bersilahturahmi. Sanak-saudara yang jauh tempatnya dapat dikunjungi. Dengan begitu, tali silaturahmi akan tetap terjaga dan tidak terputus.
Mudik dapat menjadi hal yang menyenangkan maupun melelahkan. Semua itu tergantung bagaimana setiap orang menanggapinya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mudik terasa nyaman dan aman.
· Cek kondisi kendaraan
Sebelum bepergian jauh, mengecek kondisi kendaraan adalah hal yang sangat penting. Bagian-bagian mobil harus diperiksa dengan teliti. Semuanya harus dipastikan agar dapat berfungsi dengan baik. Segeralah perbaiki bagian-bagian mobil yang mengalami kerusakan atau yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Jangan lupa membawa surat kelengkapan kendaraan seperti sim dan stnk.
· Bawa obat-obatan, makanan dan minuman
Perjalanan yang jauh akan memakan waktu yang lama. Dianjurkan untuk membawa makanan dan minuman secukupnya terlebih jika jalan yang ditempuh jarang terdapat restaurant ataupun penjual makanan. Lalu jangan lupa membawa persediaan obat jika sewaktu-waktu diperlukan tidak perlu susah-susah mencari dan membelinya lagi.
· Persiapan fisik dan emosi
Kondisi fisik yang sehat dan fit serta kondisi emosi yang stabil sangat berpengaruh. Mudik akan terasa menyenangkan apabila kondisi badan terasa sehat dan suasana hati terasa baik. Sebaliknya, apabila kondisi badan kurang fit dan emosi sedang tidak stabil, mudik akan terasa melelahkan. Terlebih untuk para pengemudi, kondisi fisik dan emosi sangat berpengaruh untuk keselamatan dalam berkendara. Pastikan untuk beristirahat dengan cukup dan meminum suplement.
· Taati peraturan lalu lintas dan rambu jalan
Menaati peraturan lalu lintas sangatlah penting demi keselamatan. Janganlah terburu-buru dan melanggar peraturan lalu lintas dalam berkendara. Kenyamanan dan keselamatan adalah hal yang terpenting.
Setiap orang pasti memiliki pengalaman mudik yang berbeda-beda. Dari setiap pengalaman tersebut terdapat cerita-cerita yang pastinya tidak akan terlupakan. Mudik akan selalu menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya. Semoga mudik kedepannya semakin membaik fasilitas transportasinya, jalan rute mudik diperbaiki agar semakin nyaman, dan pemerintah memberikan bantuan bagi orang-orang yang ingin mudik namun tidak mampu sehingga sisi kemanusiaan dari mudik semakin bermakna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar